Guru inspiratif
Menunjukan keterbukaan dalam perencanaan mengajar dan
kegiatan belajar mengajar
Menjadikan materi pelajaran berguna bagi kehidupan nyata
siswa
Mempertimbangkan berbagai alternative cara menyampaikan
isi pelajaran pada siswa
Mampu mengatasi kondisi yang mendesak
Dapat menggunakan humor secara proporsional dalam
menciptakan situasi KBM yang menarik
Pendekatan pengajaran lebihproblematik sehingga mendorong
siswa untuk berpikir
Menunjukan perilaku demokratis dan tenggang rasa kepada
semua siswa
Responsive terhadap kelas (bersedia melihat, mendengar dan
merspon masalah displin, kesulitan belajar,
dll.)
Memandang siswa sebagai partner dalam KBM
Menilai siswa berdasarkanfaktor-faktor yang memadai
Berkesinambungan dalam menggunakan hadiah dan hukuman
sesuai dengan keadaan siswa.
Guru konvensional
Terlalu dikuasai oleh rencana pelajaran sehingga alokasi
waktu menjadi kaku
Tidak mampu memodifikasi materi
silabus
silabus
Terpaku pada satu atau dua metode mengajar tanpa
mempertimbangkan kesesuaiannya dengan materi pelajaran
Tidak mampu menangani hal yang terjadi secara tiba-tiba
ketika pengajaran berlangsung
Terpaku pada isi materi dan metode yang baku sehingga
situasi KBM monoton dan membosankan
Pendekatan pengajarannya lebih instruktif (memberi perintah/petunjuk
dan ketentuan)
Terlalu memperhatikan siswa yang pandai dan mengabaikan
siswa yang lamban
Tidak mampu/tidak mau mencatat isyarat adanya masalah dalam
KBM
Memandang siswa sebagai objek yang dikuasai menilai siswa
secara serampangan
Menilai siswa secara serampangan
Bila siswa berprestasi tidak diapresiasi, tetapi bila
siswa melanggar diberi hukuman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar