Sabtu, 09 Juni 2012

Guru Inspiratif dan Guru Konvensional


Guru inspiratif
Menunjukan keterbukaan dalam perencanaan mengajar dan kegiatan belajar mengajar

Menjadikan materi pelajaran berguna bagi kehidupan nyata siswa

Mempertimbangkan berbagai alternative cara menyampaikan isi pelajaran pada siswa

Mampu mengatasi kondisi yang mendesak

Dapat menggunakan humor secara proporsional dalam menciptakan situasi KBM yang menarik

Pendekatan pengajaran lebihproblematik sehingga mendorong siswa untuk berpikir

Menunjukan perilaku demokratis dan tenggang rasa kepada semua siswa

Responsive terhadap kelas (bersedia melihat, mendengar dan merspon masalah displin, kesulitan belajar,
 dll.)

Memandang siswa sebagai partner dalam KBM

Menilai siswa berdasarkanfaktor-faktor yang memadai

Berkesinambungan dalam menggunakan hadiah dan hukuman sesuai dengan keadaan siswa.







Guru konvensional
Terlalu dikuasai oleh rencana pelajaran sehingga alokasi waktu menjadi kaku

Tidak mampu memodifikasi materi
silabus
Terpaku pada satu atau dua metode mengajar tanpa mempertimbangkan kesesuaiannya dengan materi pelajaran

Tidak mampu menangani hal yang terjadi secara tiba-tiba ketika pengajaran berlangsung

Terpaku pada isi materi dan metode yang baku sehingga situasi KBM monoton dan membosankan

Pendekatan pengajarannya lebih instruktif (memberi perintah/petunjuk dan ketentuan)

Terlalu memperhatikan siswa yang pandai dan mengabaikan siswa yang lamban

Tidak mampu/tidak mau mencatat isyarat adanya masalah dalam KBM

Memandang siswa sebagai objek yang dikuasai menilai siswa secara serampangan

Menilai siswa secara serampangan

Bila siswa berprestasi tidak diapresiasi, tetapi bila siswa melanggar diberi hukuman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI 2022

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI DAN INFORMASI SELEKSI AKADEMIK  PPG DALAM JABATAN TAHUN 2022 Hasil pengumumannya bisa dicek di bawah i...